BELIMBING PENURUN KOLESTEROL





  •   RASANYA MANIS dan sedikit sepet membuat belimbing menjadi primadona buah rujakan.Bahkan banyak remaja terutamaperempuan yang suka menjadikan buah ini sebagai camilan, atu dijus sebagai minuman penyegar tenggorokansaat terik panas matahari.
       Maklum buah berbentuk mirip bintang saat dipotong harganya sangat murah. Sehingga, buah dalim bahasa Inggris sering disebut starfruit ini pun cukup populer. Bahkan hampir di toko-toko buah tradisional pinggir jalan atau toko modern menydiakan buah bintang ini.
       Belimbing yang bernama latin Averrhoa  Carambola L  diyakini sebagai salah satu koeksi buah tropis, terutama Indonesia. Namun saat ini penyebaranya suah meluas keberbagai penjuru dunia.
       Ciri buah belimbing manis yang sudah matang berwarna kuning kemerahan berbiji kecil berwarna coklat, rasanya manis dengan sedikit asam dan banyak mngandung air.Belimbing biasa dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut atau dibuat jus buah yang segar.
       Peneiti Kimia Farmasi Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Nurhan Aznam SU Apt mengatakan, belimbung berasal dari daerah tropis. Bahkan, beberapa ahli biologi mengidentifikasi dan meyakini belimbing sebagai tumbuhan asli Indonesia.
       Kandungan gizi belimbing yaitu energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, besi, vitamin A,B1,B2,C, niasin, pektin, dan lain-lain. Zat gizi itu bermanfaat bagi kesehatan, namun pada beberapa kasus, seperti gagal ginjal bisa sangat berbahaya untuk dikonsumsi.
       Ada tips menurunkan kadar kolesterol dengan menggunakan buah belimbing. Ambil buah beliming masak, dicuci bersih. Cara pemanfaatanya bisa dikonsumsi langsung atau diiris, kemudian diblender dibuat jus yang nikmat menyegarkan sekaligus berkhasiat. Selamat mencoba....


      sumber: KR Jogja



    0 comments:

    Post a Comment